Memilih Nursing Bra

parent-guide.jpg

Jika kita memutuskan akan memakai BH khusus menyusui, pilih yang berfungsi baik dan nyaman dikenakan.

BH menyusui (nursing bra) adalah BH yang dibuat khusus untuk memudahkan ibu menyusui bayinya. Lazimnya didesain dengan kelepak (flap) yang bisa dibuka-tutup pada bagian mangkuk (cup) BH, atau didesain dengan tali bahu yang mudah diturun-naikkan jika ingin menyusui.  
 
Jika kita memutuskan akan memakai BH menyusui, ada beberapa tip memilihnya:

  1. Belilah BH menyusui di pertengahan atau akhir kehamilan, atau ketika BH yang kita gunakan selama hamil sudah tidak nyaman lagi.
  2. Belilah minimal dua buah BH, agar kita selalu mempunyai persediaan BH bersih.
  3. Satu dari kedua BH yang kita beli sebaiknya benar-benar kita sukai modelnya (misalnya membuat kita merasa tambah cantik atau seksi) sehingga kita senang memakainya.
  4. Jika susah menentukan ukuran BH dengan tepat, siapkan BH lebih dari dua, dengan ukuran mangkuk berbeda-beda. BH dengan ukuran mangkuk paling besar dipakai saat payudara sedang penuh-penuhnya. BH dengan ukuran mangkuk lebih kecil dipakai saat payudara dalam kondisi tidak terlalu penuh/bengkak.
  5. Pilih BH yang bisa menopang payudara dengan baik tapi masih punya cukup ruang di puncak mangkuk untuk menyisipkan bantalan ASI (nursing pads). 
  6. Jika memilih BH berkelepak, carilah yang elastis dan kelepaknya mudah dibuka dengan satu tangan (biasanya dikaitkan dengan klip plastik ke tali bahu, atau ke tengah BH)
  7. Jika memilih BH tanpa kelepak, carilah yang tali bahunya mudah diturun-naikkan dengan satu tangan (biasanya bertali lebar, terbuat dari bahan yang lembut, tipis dan elastis, serta tidak memakai kawat penopang – underwire). BH ini lebih cocok dipakai di rumah.
  8. Jika ukuran payudara sangat besar, utamakan memilih BH yang mampu menopang payudara dengan baik (disarankan memilih BH dengan kawat penopang). 
  9. ika berencana memerah ASI dengan pompa, pilihlah BH yang bukaan kelepaknya cukup lebar agar corong pompa bisa menempel dengan baik pada payudara. 

==========================================================================

BH menyusui hanyalah alat bantu, seperti halnya pompa pemerah ASI, bantalan penyerap ASI yang bocor (breast pad), pelindung puting (nipple shields), serta pelindung payudara (breast shield). Karena sifatnya hanya membantu, memakai BH menyusui bukan keharusan. Malah, jika ibu merasa lebih nyaman menyusui sambil memakai BH biasa (tentu saja ukurannya disesuaikan dengan ukuran payudara saat ini) – atau bahkan tanpa BH – tidak masalah! Kenyamanan ibu menyusui jauh lebih penting dibanding alat bantu apapun. Sebab, rasa nyaman – dan semua perasaan positif ibu lainnya – lebih menjamin keberhasilan menyusui ketimbang alat bantu apapun! PG

Powered by ScribeFire.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: