“It”s Tummy Time!”

parent-guide.jpg

Siapa bilang “bayi baru” belum bisa tengkurap. Mereka sudah bisa ditengkurapkan kok.

It’s tummy time!” Sekaranglah saat yang tepat untuk melatih perut. Si kecil sebenarnya sudah bisa tengkurap dengan bertumpu pada otot lengan dan perutnya. Jadi ia pun sudah bisa ditidurkan dalam posisi tengkurap. Belajar membalikkan badan untuk kemudian tengkurap adalah salah satu keterampilan yang perlu dipelajari bayi untuk bisa menguasai keterampilan-keterampilan selanjutnya.

Belajar Banyak Hal

Begitu si kecil sudah bisa mengendalikan kepalanya–di usia 2-3 bulan—ia sudah mulai bisa ditengkurapkan. Mengendalikan kepala di sini maksudnya, bila kepalanya bergerak mengikuti stimulasi suara atau benda yang ditunjukkan padanya. Jadi, jangan kaget bila suatu waktu Anda melihat ia berusaha memiring-miringkan badannya sendiri. Namun, keterampilan barunya ini masih belum ia kuasai dengan sempurna hingga ia berusia 5 atau 6 bulan nanti.

Di usia 3 bulan, kepala dan otot-otot leher si kecil mulai semakin kuat. Jika Anda meletakkannya dengan posisi tengkurap ia akan sedikit mengangkat kepala dan bahunya bertumpu pada kedua lengannya. Gerakan-gerakan ini akan membantunya memperkuat otot-otot yang akan ia gunakan nanti untuk bisa berguling nanti. Kalaupun ia bisa berguling di usia 3-4 bulan nanti, itu hanya bisa dilakukannya ke satu arah saja. Ketika ia berusia berusia 6-7 bulan, barulah ia bisa melakukannya ke dua arah.

Ketika bayi dalam posisi tengkurap sesungguhnya ia tengah belajar banyak hal. Selain memperkuat otot perut ia juga akan belajar memfungsikan tubuh bagian atas dan bawahnya. Ia akan belajar menggunakan telapak tangannya ketika bertumpu. Lalu, ia juga akan belajar mengangkat bagian bawah tubuhnya saat bertumpu pada telapak kakinya.

Mempercepat Keterampilan Baru

Nah, kini saatnya Anda membantu si kecil mengembangkan keterampilan barunya itu.. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan melatih bayi belajar berguling dan tengkurap. Suzanne Dixon, M.D., MPH,  spesialis anak dari the University of California, Amerika Serikat, menjelaskan tentang manfaat tersebut. Bayi-bayi yang biasa ditidurkan dengan posisi terlentang cenderung sedikit lebih lambat perkembangan keterampilan motoriknya dibanding yang berbaring tengkurap. Bayi-bayi yang biasa berbaring terlentang juga lebih lambat untuk bisa berguling pada usia 4 bulan, jika dibandingkan bayi-bayi yang biasa dibaringkan tengkurap.

Manfaat lain yang juga tak kalah penting menurut para ahli dari The American Association of Pediatrics adalah pengaruhnya pada kondisi kepala bayi. Menurut mereka, kepala bayi-bayi yang sering berbaring tengkurap tidak banyak tertekan. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk membantu si kecil belajar berguling dan tengkurap? Kiat berikut bisa menjadi panduan untuk Anda coba. Lakukan selama sekitar 10 menit beberapa kali sehari :

  • Baringkan si kecil di atas lantai dengan posisi tengkurap. Atau, bisa juga dengan membaringkannya tengkurap di atas pangkuan Anda. Lakukan beberapa kali sehari agar ia terbiasa dengan posisi tersebut.
  • Bantu bayi Anda untuk mengangkat kepalanya. Letakkan cermin atau gambar berukuran besar di depannya, atau Anda ikut berbaring tengkurap juga, dengan posisi saling bertatapan dengannya.
  • Berikan si kecil banyak ruang dan kesempatan untuk berlatih. Anda bisa melakukannya di atas lantai ataupun di atas tempat tidur. Gulingkan badannya ke kiri atau ke kanan dengan hati-hati.
  • Peganglah sebuah benda yang ia sukai, seperti mainan atau cermin kecil di sampingnya. Ini bisa menarik minatnya untuk membalikkan tubuhnya untuk melihat benda yang Anda pegang.

Nah selamat bermain dengan si kecil n PG

==========================================================================

Perkembangan Motorik Bayi Usia 0-4 bulan

Inilah perkembangan kemampuan motorik bayi hingga ia berusia 4 bulan:

Motorik Kasar:

  1. bulan:  Mampu mengangkat dagunya sedikit
    Mulai bisa mengontrol otot-otot tubuhnya
  2. bulan:  Mendongakkan kepala saat didudukkan di pangkuan, walau masih perlu ditopang.
  3. bulan:  Kepala mulai tegak saat bayi didudukkan di pangkuan
    Berusaha menggulingkan tubuhnya ke samping
    Bertumpu pada kedua lengannya saat ditengkurapkan
    Mulai menendang-nendang atau berusaha meraih benda yang di dekatnya.
  4. bulan:  Duduk dengan bertumpu pada lengan
    Menggulingkan perutnya ke samping
    Kepalanya tetap tegak saat tubuhnya ditarik untuk duduk

Motorik Halus:

  1. bulan : Tangan terkepal
  2. bulan: Berusaha meraih mainan di dekatnya
  3. bulan: Telapak tangan terbuka
  4. Mulai bisa menggenggam dan memegang benda dengan baik
    Bermain-main dengan tangannya
  5. bulan: Meraih benda dengan menggunakan tangan dan lengannya
    Memasukkan jari dan tangannya ke mulut
    Mulai bisa meremas benda-benda yang ada di dekatnya.

Powered by ScribeFire.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: