Ah Susahnya Tidur ‘Berdua’!

parent-guide.jpg
Sulit tidur, itulah gangguan yang amat ‘menyiksa’ ibu hamil. Memang normal, tapi ada baiknya Anda kuasai kiat untuk mengatasinya.

Tidur lelap seolah menjadi ‘barang mahal’ di masa hamil. Ada saja gangguannya, apakah itu perasaan tak nyaman, terganggu mimpi aneh atau bermimpi buruk. “Ibu hamil yang sudah tidak bisa tidur dengan baik di awal kehamilannya boleh jadi akan merasa sangat sedikit tidur di kehamilan lanjut,” jelas dr.Philip Owen, MB.BCh., seorang spesialis Obstetrik dan gineakolog dari North Glasgow University NHS Trust, Inggris. Meski begitu, menurut Philip, insomnia selama kehamilan adalah gangguan normal. 

Mengapa Sulit?

Yang utama dan alasan yang paling kuat mengapa kesulitan tidur terjadi, adalah karena telah terjadi peningkatan ukuran janin. Berubahnya ukuran janin itulah yang membuat ibu hamil sulit menentukan posisi tidur yang enak. Buat ibu yang terbiasa tidur dengan posisi terlentang  atau tengkurap sebelum hamil, kehadiran janin tentu akan menyulitkan.  Selain persoalan kenyaman, ada cukup banyak pula penyebab lainnya. Beberapa diantaranya, ada yang bersumber dari faktor fisik, sementara sisanya lebih bersifat psikologis. Misalnya beberapa ibu hamil mengeluhkan mengalami mimpi buruk, atau merasa kuatir (stres) memikirkan hari persalinan.

Apa pastinya yang membuat tidur Anda menjadi lebih sulit? Ini kemungkinan penyebabnya :

  1. Sering Berkemih.
    Saat hamil ginjal Anda bekerja lebih berat dari biasanya karena organ ini harus menyaring volume darah yang lebih banyak 30-50% dari sebelum hamil. Nah proses penyaringan inilah yang menghasilkan lebih banyak urin. Selain itu, karena janin dan plasenta juga membesar maka tekanan pada kandung kemih Anda juga meningkat. Kekerapan berkemih juga akan bertambah jika janin terbangun di malam hari.
  2. Peningkatan Detak Jantung.
    Selama hamil kerja jantung juga meningkat. Ia akan memompa lebih banyak darah. Selain mengirim suplai ke rahim, darah juga akan didistribusikan ke seluruh tubuh yang kini dalam keadaan istimewa.
  3. Hela Napas Lebih Pendek.
    Karena rahim membesar, maka kondisi ini menghasilkan tekanan pada  rongga diafragma (antara perut dan dada). Karena kodnisi ini Anda mungkin akan merasakan Anda bernapas lebih cepat dan lebih dalam. Ya itu karena Anda membutuhkan oksigen lebih banyak.
  4. Kram Kaki dan Nyeri Punggung.
    Rasa sakit di kaki atau punggung Anda, disebabkan karena kini Anda telah berbadan dua.
  5. Heartburn’ dan Sembelit.
    Banyak wanita mengalami heartburn atau rasa panas di perut. Heartburn terjadi ketika isi lambung keluar kembali ke saluran makanan (esophagus). Selama hamil, seluruh sistem pencernaan akan bekerja melambat karenanya makanan cenderung menetap di lambung dan di usus lebih lama. Inilah yang membuat perut terasa panas dan mengakibatkan sembelit.
  6. Mencari Posisi
    Mencari-cari posisi kadang menggangu tidur Anda. Sebaiknya sejak hamil muda Anda sudah membiasakan tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Berbaring miring dengan kaki menekuk adalah posisi yang nyaman. Posisi tidur seperti ini juga akan meringankan kerja jantung Anda, karena membuat posisi bayi tidak menekan pembuluh nadi (inferior vena cava) yang membawa darah balik dari kaki ke jantung. 

Beberapa dokter, sangat menyarankan agar ibu hamil tidur menyamping ke sebelah kiri. Mengapa begitu? Ini karena posisi organ hati berada di sebelah kanan dari  perut. Tidur dengan posisi ini akan menjaga rahim dari organ besar itu. Tapi bila Anda bosan dan penat dengan posisi menyamping, cobalah berkesperimen dengan bantal untuk mencari posisi tidur yang nyaman. Beberapa ibu hamil bisa menemukan posisi nyaman itu dengan meletakkan bantal di bawah perut atau diantara kedua kaki mereka. Coba juga, menggunakan guling atau selimut yang digulung di sebagian kecil punggung.

Tak ingin repot? Ada ‘bantal hamil’ yang dijual di luar sana. Tapi bila Anda ingin memakai itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda. Sementara bila Anda memang memiliki keluhan neyeri punggung, cobalah gunakan bantal ekstra. Gunakan satu bantal di bawah perut, satu bantal lagi diantara kaki Anda, satu di bawah punggung dan satu lagi di bawah kepala. Pokoknya cobalah segala kemungkinan. Dengan begitu Anda berdua (janin) akan sama-sama terlelap di keheningan. N PG

——————————————————————————————————
Tips Agar Tidur Anda Sukses :

Ada cara lain agar tidur Anda lelap tanpa harus menggunakan obat atau suplemen, yang memang dilarang digunakan oleh ibu hamil. Coba tips berikut :

  • Hindari semua minuman-minuman yang mengandung kafein seperti soda, kopi, dan teh sebisa Anda. Batasi pengkonsumsiannya setiap pagi atau siang hari.
  • Hindari banyak minum atau makan beberpa jam sebelum jam tidur malam Anda. Tapi pastikan juga kalau Anda mendapatkan cukup nutrisi sepanjang hari.
  • Buatlah jadwal tidur malam dan bangun pagi yang rutin, setiap hari.
  • Hindari olah gerak yang keras sebelum pergi tidur malam. Coba lakukan sesuatu yang rileks seperti berendam air hangat atau mandi shower selama 15 menit atau meminum susu dengan madu atau teh herbal.
  • Jika kram kaki membuat  Anda terbangun, coba lakukan tekanan keras telapak kaki ke tembok atau angkat ke atas kedua kaki.
  • Ambil kelas yoga atau belajar teknik relaksasi lain. Pastikan setiap latihan Anda mendapat rekomendasi dokter.
  • Jika rasa takut dan gelisah membuat Anda terbangun, pertimbangkan untuk ikut kelas kehamilan atau kelas ‘orangtua’. Di sana Anda akan bertemu banyak ibu hamil dan berbagi pengalaman.
  • Batasi tidur siang yang biasa Anda lakukan sebelum hamil.
  • Bersihkan pikiran buruk Anda dengan mengajak diskusi pasangan. Bicarakan apa yang Anda kuatirkan, takutkan atau kegelisahan Anda.
  • Pastikan kamar tidur bersuhu nyaman. Gunakan AC atau kipas angin jika Anda memerlukannya. Bila terlalu dingin, pakai selimut tebal.



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: