PILAH PILIH KERETA SI KECIL

nakita.gif


Buggy

Sangat ringan dan nyaman bila ingin dibawa bepergian, karena sangat mudah dibongkar pasang dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Namun, ada beberapa tipe yang sandarannya tak dapat ditidurkan sehingga tak dianjurkan untuk bayi di bawah usia 6 bulan atau yang belum mampu duduk tegak.
 

Multifunction atau 3 in 1

Ini adalah kereta dorong yang paling umum. Kereta dorong jenis ini memiliki sandaran yang dapat ditidurkan dan dapat ditegakkan sesuai kebutuhan bayi. Dapat dimanfaatkan semenjak bayi baru lahir hingga usia batita. Pada beberapa tipe ada yang sekaligus berfungsi sebagai ayunan atau car seat.

Tandem

Memuat 2 anak dengan usia sama (kembar) atau berbeda. Sandaran kursinya dapat ditidurkan untuk bayi atau ditegakkan untuk si batita.

Travel Systems

Kereta dorong ini dapat diubah menjadi car seat untuk bayi sejak baru lahir.

Kereta dorong roda tiga

Tipe ini dianjurkan untuk bayi yang telah berusia 3 bulan. Kelebihannya, gerakan kereta model ini sangat mudah dikendalikan. Cocok untuk jalan-jalan outdoor dan jogging bersama bayi.

Perkiraan harga

Merek Harga (Rp)
Priori 150 ribu ­ 400 ribu
Babydoes 150 ribu ­ 700 ribu
Coco Latte 500 ribu ­ 900 ribu
Peg Perego 800 ribu ­ 5 juta
Mothercare 2 juta ­ 6 juta
Mac Laren 1,5 juta ­ 4,5 juta
Quinny Zapp 1,5 juta ­ 6 juta

TIP MEMBELI

* Untuk merek-merek tertentu, harga di pusat grosir jauh lebih murah dibandingkan di mal dan swalayan retail. Namun, jika swalayan retail sedang menyelenggarakan promosi, maka harganya bisa lebih murah daripada di pusat grosir sekalipun.

* Ingin lebih hemat? Kunjungi toko perlengkapan bayi yang menjual kereta dorong second hand. Toko-toko ini juga umumnya menerima tukar tambah dengan barang yang lama asal kondisinya masih baik.

Ikuti pedoman memilihnya.

1. Sesuaikan antara gaya hidup orangtua dan kebutuhan bayi

Jika ibu akan sering bepergian dengan bayi seorang diri, yang dibutuhkan adalah kereta dorong yang nyaman dan kokoh serta dapat dibawa ke mana saja sambil melakukan beragam aktivitas.

Jika lebih banyak melakukan aktivitas dengan mobil, tentu yang dibutuhkan adalah kereta dorong yang ringan dan praktis dibawa ke mana saja.

Bayi baru lahir membutuhkan kereta dorong yang mampu ditidurkan sehingga bayi tetap nyaman dalam posisi berbaring. Sedangkan untuk yang 6 bulan sudah dapat duduk dengan tegak.

2. Hitung rentang waktu pemakaian

Bila akan digunakan sejak bayi baru lahir hingga nanti berusia batita, pilihlah yang multimanfaat.

3. Nyaman dan aman

Pilih yang ringan dan praktis kemasannya sehingga mudah dibongkar-pasang, terutama bila Anda akan sering menggunakannya untuk bepergian.

Perhatikan kelengkapan tali pengaman, penahan roda, dan suspensi kereta dorongnya. Pastikan di situ juga ada tudung pelindung dari terik matahari. Beberapa model bahkan menyediakan kereta dorong anti hujan. Lebih praktis kalau bahannya bisa dilepas, dicuci, dan dikeringkan dengan cepat. Jangan lupa, rangkanya juga tak boleh bersudut tajam.

5. Selidiki

Cari tahu merek yang digunakan beserta kelemahan dan kelebihannya. Berbekal pengetahuan dan pengalaman banyak orang, niscaya Anda bakal dapat menemukan pilihan yang tepat.

STANDAR KEAMANAN

* Selalu ikat sabuk pengaman saat si kecil duduk di kereta.

* Pastikan remnya berfungsi dengan baik saat bayi ditinggal di kereta dorong.

* Jangan menggantungkan kantung atau tas berat pada gagang kereta dorong, karena bisa membuatnya terbalik.

* Cucilah cover-nya seminggu sekali untuk menjaga kebersihan

Sumber: Mothercare dan Babydoes Indonesia




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: