Fakta Usai Persalinan Caesar

parent-guide.jpg
Anda punya sejumlah pertanyaan terkait dengan kondisi usai persalinan Caesar? Temukan jawabnya di bawah ini.

Buat sebagian ibu, bersalin dengan mudah seringkali diasosiakan dengan operasi caesar. Ya, karena persalinan caesar menurut sebagian ibu itu takkan menghadirkan rasa lelah dan sakit. Ini fakta. Padahal usai persalinan caesar rasa lelah dan sakit itu tetap ada. Tapi memang persalinan yang mengambil nama salah seorang kaisar Romawi ini seringkali diputuskan oleh dokter karena alasan kesehatan atau keselamatan. Baik demi kesehatan dan keselamatan ibu atau si jabang bayi. 

3 P Faktor Caesar

Persalinan setidaknya melibatkan tiga faktor penentu, yakni power (tenaga mengejan atau kontraksi otot dinding perut dan dinding rahim), passage (keadaan jalan lahir), dan ‘passenger’ (si janin yang akan dilahirkan). Dalam persalinan normal ketiga faktor ini semuanya dalam kondisi normal dan baik. Tapi dalam persalinan caesar, tindakan diambil karena adanya ketidakmampuan atau kekurangan salah satu atau lebih dari ketiga faktor tersebut.

Sebut saja misalnya operasi caesar yang ditempuh karena adanya kelainan kondisi jalan lahir (passage). Adanya kelainan jalan lahir menyebabkan persalinan tak bisa dilakukan melalui jalan yang benar (vagina). ‘Tidak bisa melalui jalan yang benar’ kerap juga disebabkan karena kecilnya (sempit) panggul. Bila dalam kondisi ini persalinan dipaksakan dikuatirkan akan terjadi trauma persalinan serius pada jalan lahir atau pada bayi. Sebab lain karena mempertimbangkan juga faktor adanya infeksi di jalan lahir. Bila bayi dipaksakan harus melewati jalan lahir, dikuatirkan infeksi akan menular pada bayi. Infeksi-infeksi itu misalnya herpes kelamin (herpes genitalis), condyloma lata (kondiloma sifilitik), condyloma acuminata (infeksi mirip kembang kol di kulit luar kelamin), hepatitis B, atau hepatitis C.
 
Persalinan lewat jalan lahir tak bisa terjadi bisa juga terjadi karena faktor power atau tenaga. Ibu hamil tak kuat mengejan atau memiliki riwayat penyakit jantung atau menahun. Kalau soal kelainan ‘passenger’, ini berarti  kondisi bayi terlalu besar, memiliki kelainan letak lintang, sungsang, anak tertekan terlalu lama pada pintu atas panggul, atau anak menderita foetal distress syndrome (denyut jantung janin kacau dan melemah).

Masalah Baru

Bila pada akhirnya persalinan caesar dipilih, apakah karena kemauan sendiri atau kepentingan medis, kondisi pasca operasi perlu juga mendapat perhatian besar. Ini karena ada kalanya, operasi ini menyisakan sejumlah kondisi baru yang menimbulkan pertanyaan besar atau kondisi tak terduga. Karenanya Anda perlu mengetahui solusi atau pemahaman tentang kondisi pasca persalinan caesar itu. Apa sajakah itu?

  • Bayi Ikut Terbius?
    Kerap muncul kekuatiran atau pertanyaan, bila ibu hamil dibius apakah bayi juga akan merasakan efek pembiusan? Yang Sesungguhnya : Menurut dokter spesialis kandungan dari RS Cengkareng, Dr Chairulsjah Sjahruddin, M.D, OB-GY, MHA, pemahaman itu muncul karena masih adanya persepsi lama. Dahulu memang kerap digunakan bius umum (total) menyeluruh dalam operasi. “Sekarang ibu hanya dibius secara regional, jadi hanya dari pusar ke bawah, jadi bayinya juga tidak kena.”
  • Luka di Perut Akibatkan Infeksi?
    Yang Sesungguhnya : Infeksi terjadi bila luka tidak dirawat dengan baik. Karena itu, 6 pekan pertama setelah operasi caesar, jahitan tak boleh sampai terendam. Saat mandi, bisa disiasati dengan menggunakan shower, lalu luka segera dikeringkan dengan hairdryer opsi dingin. Anda juga tak diperkenankan melakukan pekerjaan—mengangkat, menggendong—benda berat. 
  • Perut Bergelambir?
    Banyak ibu yang menyiasatinya dengan menggunakan korset, stagen, ataupun gurita (celana khusus berbahan tebal yang menutupi daerah perut).
    Yang Sesungguhnya : Menurut Chairulsjah, penggunaan benda-benda ini justru tak dianjurkan. “Justru dengan pemasangan gurita dan lainnya, orang akan cenderung mengedan, sehingga tekanan otot perut lebih dominan. Dikuatirkan jahitan malah akan jebol,” jelas Chairulsjah.
  • Nyeri Saat Senggama?
    Yang Sesungguhnya : Umumnya, hubungan seksual boleh kembali dilakukan setelah 6 pekan persalinan, saat semua luka telah sembuh dengan baik. Untuk kasus semacam ini ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab. Hubungan seksual yang memuaskan memerlukan suasana hati yang tenang. Kecemasan akan menghambat proses arousal sehingga produksi cairan pelumas pada dinding vagina akan terhambat. Cairan pelumas yang minim akan berakibat gesekan penis dan dinding vagina tidak terjadi dengan lembut. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa sakit. Hindari juga mengkonsumsi jamu-jamu tertentu. Ini karena, seringkali jamu-jamu tersebut mengandung zat yang bersifat astringents (menciutkan). Zat inilah yang menghambat produksi cairan pelumas vagina. Bila masih terasa sakit, berkonsultasilah pada dokter. 
  • Waktu Pemulihan Lama?
    Umumnya, jahitan mengering setelah 1-2 pekan. Sementara pemulihan abdomen muscle (otot perut) sendiri bisa memakan waktu hingga 1 tahun.
    Yang Dapat Anda Lakukan : Berolah raga ringanlah, misalnya jalan kaki. Berenang dapat dilakukan bila jahitan sudah benar-benar kering. Bagi penggemar aerobik juga sebaiknya lakukan 3 bulan setelah pasca operasi.
  • Jumlah Anak Jadi Terbatas?
    Yang Sesungguhnya : Untuk kehamilan yang akan datang, Chairulsjah mengemukakan, bahwa tidak ada batasan rentang waktu yang jelas. “Praktisnya sih 2-3 tahun. Tapi makin lama makin baik,” jelasnya. Selama rentang waktu itu, ibu juga harus memperhatikan kualitas maupun kuantitas zat-zat gizi yang di konsumsi. Apalagi saat hamil kembali, ibu hamil jangan sampai mengkonsumsi gizi yang berlebihan. Ini agar pertumbuhan janin tak berlebihan (terlalu besar). I PG



    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: