First Trimester, Week by Week

parent-guide.jpg

Anda kini tengah menjadi calon ibu. Tak perlu gugup menjalani perubahan demi perubahan yang akan Anda alami. Kenali apa yang akan Anda alami pekan per pekan selama trimester pertama.

Hamil, tak hanya masa yang paling indah dan menyenangkan buat para ibu. Kehamilan juga berarti perubahan. Namun seringkali perubahan yang terjadi tak bisa dipahami dengan baik oleh para ibu. Karena itu ibu hamil perlu membekali dirinya dengan pengetahuan mengenai kehamilan itu sendiri. Apakah itu terkait dengan tumbuh-kembang janin atau perubahan tubuh. Ketahuilah bekal pengetahuan itu akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman secara emosional.

Anda dan Janin
Banyak perkembangan luar biasa yang terjadi selama trimester pertama (pekan ke 1 hingga ke -12). Di trimester ini Anda dan jani akan mengalami perubahan sejak pekan ke :

  • Pekan 1
    Anda : Haid terakhir baru saja dimulai. Kinilah saatnya mempersiapkan kesehatan Anda. Di pekan ini kesehatan Anda mempengaruhi kesehatan janin.
  • Janin :Sekitar hari kelima siklus haid, sel telur mulai matang. Hormon pun bersiap-siap untuk melepaskan satu sel telur.
  • Pekan 2
    Anda : Indung telur Anda mulai melepas sel telur (ovulasi), menuju tuba falopi. Karenanya lakukan hubungan seks sekitar pertengahan siklus haid pada hari ke-14 agar terjadi pembuahan.
  • Janin : Sel telur yang telah dibuahi (zygot) akan membelah menjadi 2 sel, lalu 4 sel, dan terus membelah. Kumpulan sel terbelah ini disebut morula. Selama pembelahan, morula terus bergerak menuju rahim. Pada akhir pekan ke-2 ini, jenis kelamin bayi akan ditentukan.
  • Pekan 3
    Anda : Morula tertanam di lapisan dalam rahim (endometrium) dan mematangkan diri menjadi blastokista. Fenomena penanaman ini membentuk sinyal kimia yang memerintahkan berhentinya menstruasi. Dalam 3 pekan, Anda pun akan mulai merasa mual. Formally, you’re pregnant!
  • Janin : Blastokista melekat pada endometrium sekitar hari keempat hingga ketujuh. Terbentuklah plasenta. Si calon janin Anda ini memiliki diameter 0,1-1,2 mm.
  • Pekan 4
    Anda : Pada pekan ini, blastokista mengeluarkan hormon kehamilan hCG (human Chorionic Gonadotrophin). Hormon inilah yang membuat Anda merasa lelah, frekuensi berkemih meningkat, mood berubah-ubah, dan payudara juga terasa nyeri.
  • Janin : Janin mulai berbentuk embrio dengan 3 lapisan. Lapisan terdalam, endoderm, akan berkembang menjadi paru-paru, hati, sistim pencernaan, dan pankreas. Lapisan tengah, mesoderm, akan membentuk tulang, otot, ginjal, pembuluh darah, dan jantung. Sedangkan lapisan luar (eksoderm) akan membentuk kulit, rambut, lensa mata, email gigi, dan sistem saraf. Air ketuban pun mulai terbentuk. Pucuk kecil yang akan menjadi lengan pun mulai tumbuh.
  • Pekan 5
    Anda : Anda akan mulai merasakan gejala awal kehamilan ; peka terhadap bau, morning sickness, dan sebagainya. Beberapa ibu hamil mengalami ngidam dan mulai merasa sangat lelah.
  • Janin : Embrio mulai membentuk tabung saraf, calon saraf tulang belakang dan otak. Bagian atas embrio akan membentuk otak dan bagian tengah berkembang menjadi jantung.
  • Pekan 6
    Anda : Gejala kehamilan akan semakian kuat terasa karena meningkatnya produksi hormon. Tak heran di pekan ini secara emosi, Anda pun akan cenderung lebih emosional.
  • Janin : Jantung janin mulai berdetak, sistem pencernaan dan pernafasannya juga terbentuk. Bentuk pucuk kecil untuk lengan dan kaki mulai jelas terbentuk. Perkembangannya sangat kecil sebab ukuran janin hanya 2 mm- 4 mm.
  • Pekan 7
    Anda : Bentuk panggul Anda akan mengalami perubahan akibat kehamilan. Saat terjadi  implantasi embrio, Anda mungkin mengalami kram dan sedikit bercak berdarah.
  • Janin : Beratnya akan menjadi 0,8 gram dengan panjang 5-13 mm. Karena ukurannya yang berubah maka posisinya di dalam rahim pun berubah. Pada pekan ini, selain wajah, lubang mulut, bakal hidung dan telinga pun terbentuk. Begitu pula dengan bagian bahu dan tangan yang mulai berpisah sehingga seperti dayung kecil.
  • Pekan 8
    Anda : Volume darah Anda akan meningkat 40%. Hormon pun mulai menyebar ke seluruh tubuh.
  • Janin : Jari kaki dan tangannya mulai terbentuk, bahkan lengan pun sudah menekuk pada bagian siku dan pergelangan tangan. Wajah berkembang semakin sempurna, dengan munculnya ujung hidung dan bibir bagian atas. Lipatan kulit di atas mata mulai membentuk kelopak mata. Alat kelamin  mulai berkembang. Namun, belum bisa dipastikan apakah ia laki-laki atau perempuan.
  • Pekan 9
    Anda : Rasanya semua baju yang Anda miliki kini semakin sempit. Payudara dan pinggang semakin membesar.
  • Janin : Kepala bayi sedang tumbuh relatif lebih besar dibanding badan. Anus sedang dibentuk dan usus bertambah panjang. Organ reproduksi – testis atau indung telur – dibentuk pada pekan ini. Ia mulai bergerak seiring dengan perkembangan otot-ototnya. Bobotnya sekitar 4 gram dengan panjang 22-30 mm.
  • Pekan 10
    Anda : Berat badan Anda meningkat 900-1.800 gram. Di pekan ini kehamilan telah melewati seperempat perjalanan. Secara teori risiko keguguran pun akan segera berakhir. 
  • Janin : Semua organ vital telah terbentuk dan mulai bekerjasama. Pada pekan ini, otak berkembang sangat cepat – hampir 250.000 sel saraf diproduksi setiap menit. Jari jemari tangan dan kaki mulai terpisah. Bakal gigi terbentuk di dalam mulut. Dan jika bayi Anda laki-laki, testis mulai memproduksi hormon testosteron.
  • Pekan 11
    Anda : Sudah harus meningkatkan asupan gizi dan berat badan. Pada trimester pertama, peningkatan berat badan yang dianjurkan sekitar 1.000 – 2.500 gram.
  • Janin: Sejak pekan ini hingga minggu ke-20, janin akan tumbuh sangat cepat. Cepatnya pertumbuhan membuat ukuran dan jumlah pembuluh darah di plasenta meningkat agar kebutuhan nutrisi janin terpenuhi. Perkembangan bagian wajah terus berlanjut dan telinga mulai menempati posisinya di sisi kepala. Ukuran kepala bayi telah mencapai setengah panjang tubuhnya.
  • Pekan 12
    Anda : Di pekan ini Anda akan terlihat lebih ‘bersinar’. Tampilan kulit akan terlihat lebih lembut dan halus. Ini karena adanya peningkatan volume darah dan hormon kehamilan. Tapi hati-hati, Anda mungkin akan mengalami sembelit. Maka konsumsilah makanan berserat tinggi , sayuran dan buah-buahan.
  • Janin : Bentuk wajahnya semakin jelas, lengkap dengan pipi dan hidung. Otak terus berkembang, begitu pula dengan kuku jari tangan dan kaki. Usus bayi pun menempati posisinya di dalam perut. Ia pun mulai buang air kecil, tetapi hilang dan bercampur dengan air ketuban. Beratnya mencapai 14 gram dan panjang 8 cm.

Nah, minggu keberapakah usia kandungan Anda? I PG




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: