DEMAM? MAU TUMBUH GIGI KALI!

nakita.gif

Uniknya setiap kali tumbuh selalu muncul dua gigi berpasangan.


Tumbuh gigi merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan bayi. Di usia sekitar 6-7 bulan, si kecil yang semula anteng menggemaskan berubah menjadi rewel. Kalau semula ia senang bergurau sambil melontarkan pekikan gembiranya yang khas, kini hari-harinya lebih banyak diisi dengan rengekan dan kemanjaan. Suhu tubuhnya pun mendadak demam seolah tanpa sebab. Beberapa hari kemudian, di gusinya terlihat tonjolan warna putih sebesar butiran nasi. Barulah kita tahu, “Oh, kamu rupanya sedang tumbuh gigi ya, Sayang.” 

Momen penting ini diawali dengan kemunculan 2 gigi seri rahang bawah yang menempati posisi paling depan/tengah. Kira-kira 1-1,5 bulan kemudian atau saat berusia sekitar 7,5 bulan muncul 2 lagi gigi seri paling depan, hanya kali ini pada rahang atas. Lalu di usia 9 bulanan, geligi bayi semakin lengkap dengan munculnya 2 pasang gigi seri berikutnya, yakni gigi seri yang posisinya tepat berada di sisi luar gigi seri yang sudah ada.

Sedangkan gigi geraham yang pertama kali tumbuh adalah gigi geraham bawah di usia 12 bulan. Sisanya, yakni gigi taring dan geraham kedua akan tumbuh di bulan-bulan berikutnya. Uniknya, setiap kali tumbuh selalu muncul 2 gigi sekaligus yang merupakan pasangan sisi kiri dan kanan. Diharapkan seluruh gigi susu masing-masing 10 gigi pada rahang atas dan rahang bawah akan tumbuh lengkap ketika berusia 2,5-3 tahun.

PAHAMI GEJALANYA

* Rewel, gelisah, mendadak cengeng dan sering terbangun di malam hari.

* Gusi membengkak, terlihat warna putih tepat di bagian gusi yang akan tumbuh gigi.

* Mengeluarkan lebih banyak air liur.

* Demam.

* Sebagian bahkan mengalami diare ringan.

MERINGANKAN GEJALA:

* Pijatlah dengan lembut gusi yang sedang ditumbuhi gigi dengan jari tangan yang sudah dicuci bersih.

* Berikan mainan khusus untuk digigit-gigit (teether). Pastikan teether tersebut benar-benar bersih dan aman, baik bentuk maupun bahan pembuatnya. Hindari teether yang dilapisi cat, apalagi yang mudah terkelupas.

* Selewat usia 6 bulan, dimana ia sudah tidak mendapat ASI eksklusif, berikan buah yang cukup lunak untuk diisap dan digigit-gigit. Misalnya semangka, melon, atau pepaya yang dipotong-potong sebesar jari tangan.

* Jika bayi tetap rewel sepanjang hari, emoh makan dan minum, serta demamnya berlangsung berhari-hari, segeralah bawa ke dokter untuk penanganan lebih intensif. Dokter biasanya akan meresepkan obat penahan sakit yang aman.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: