NINA BOBOK, OH, NINA BOBOK…

nakita.gif

Ketahui caranya agar bayi cepat terlelap.


Wajah malaikat, begitulah yang kita bayangkan saat memandangi si kecil terlelap. Ibu dan ayah mana yang tak puas, bahkan terharu setelah berhasil membuat bayinya terlena ditemani bantal-guling mungilnya. Apalagi yang kita tahu, kualitas tidur tentukan perkembangan bayi. Tidur yang cukup dan berkualitas tidak hanya membuat tubuhnya bugar dan sehat, tapi juga emosinya menjadi lebih stabil.

Persoalannya, tak semua bayi mudah tertidur lelap di waktu malam. Beragam cara dicoba tapi sia-sia, bayi sebentar-sebentar melek dan menangis. Bagaimana menghadapi bayi seperti ini? Coba saja ikuti 10 tip & trik yang ditawarkan di sini:

1. BUAT JADWAL TIDUR

Bayi bisa tidur kapan saja. Kala kecapekan sehabis menangis atau setelah kenyang disusui. Walaupun demikian, lebih baik bayi memiliki jadwal tidur yang tetap. Saat jadwal itu tiba, semua organ tubuh bayi sudah siap untuk tidur. Mata mengantuk dan tubuhnya tidak terlalu aktif.

Jadwal tidur pada setiap bayi boleh jadi berbeda. Untuk tidur malam, misalnya, ada yang tertidur sejak pukul 17.00 tetapi ada pula yang baru tertidur pukul 20.00. Tak masalah, yang penting mereka memiliki jadwal tidur tetap. Begadang gara-gara bayi sulit tidur mungkin tak dapat dihindari, tapi jangan sampai membuat stamina ibu dan ayah turun.

Dikatakan cukup jika dalam sehari total rata-rata waktu tidur bayi baru lahir mencapai 17 jam, terdiri dari 8,5 jam tidur malam dan 8 jam tidur siang. Kemudian berkurang di usia 6 bulan menjadi 13-14 jam; 11 jam tidur malam dan 3 jam tidur siang.

2. PASTIKAN PERUTNYA KENYANG

Tak sedikit bayi yang terbangun karena lapar. Untuk itu, yakinkan bayi sudah mendapat cukup makanan sebelum tidur. Harap diingat, sebaiknya pem-berian makanan padat dilakukan 2 jam sebelum tidur. Bila terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh. Keadaan tersebut justru membuat tidur semakin sulit.

3. SUHU NYAMAN

Bayi belum bisa mengatur panas badannya dengan baik. Usahakan suhu kamar sesuai, tidak terlalu panas atau terlampau dingin. Pantau suhu kamar dengan termometer ruang di dekat kepala bayi. Ini untuk mengukur suhu di sekitar tempat tidur, bukan suhu di sisi lain kamar. Ruangan juga sebaiknya ditata agar tidak pengap dan mendukung tidur bayi.

4. PAKAI LAMPU TEMARAM

Lampu tidur yang temaram membuat bayi mengerti bahwa ia tetap aman dan mengurangi ketakutannya pada gelap. Di sisi lain, keadaan gelap membantu tubuhnya memproduksi zat penenang alami, yaitu melatonin yang bisa membantunya segera tertidur. Lagi pula, riset menemukan bahwa anak yang tidur dengan lampu menyala mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menderita rabun jauh dibandingkan anak yang tidur dalam kegelapan.

5. PAKAIKAN POSPAK

Popok sekali pakai boleh dipakai pada malam hari untuk menjaga kenyamanan si kecil. Syaratnya, kulit bayi tetap memiliki kesempatan untuk diangin-anginkan dan tidak lembap. Kenakan pula baju dan celana, serta selimut tipis buat si kecil. Pilihlah pakaian tidur yang ukurannya pas. Pilih bahan yang lembut dan aman. Penggunaan pospak juga disarankan agar dia tidak sering terbangun kala pipis. Pakaian yang nyaman merupakan salah satu faktor agar bayi cepat tertidur.

6. DEKORASI KAMAR

Hias juga kamarnya dengan warna-warna cerah. Letakkan mainan gantung atau mainan favorit di kamar/di boksnya. Mainan gantung yang bergerak sangat bermanfaat untuk memusatkan perhatian bayi. Penataan itu akan membuat ruangan kamar semakin menarik. Bermain dengan bayi di kamar tidur juga akan membangun asosiasi positif bayi tentang kamar tidurnya yang akan ia ingat di malam hari.

7. BACAKAN CERITA

Memang, bayi belum mengerti apa yang orangtua ucapkan. Meski begitu, jika dilakukan secara terus-menerus, bayi akan semakin terbiasa. Bahkan bisa menjadi pengantar tidur yang efektif. Pilih dongeng yang tepat, bacakan bacakan secara berulang dan perlahan. Gunakan intonasi suara ketika membaca. Bayi akan menunjukkan ketertarikannya pada suara atau bunyi-bunyi yang menarik. Nantinya, bukan tak mungkin bayi akan merekam semua kosakata yang diucapkan, hingga saat besar nanti dia sudah bisa mengulang kosakata yang pernah didengarnya.

8. MANDI AIR HANGAT

Mandi air hangat bisa membuat tubuh bayi rileks. Ini merupakan salah satu cara efektif saat bayi sulit tidur. Mandikan saja air hangat lalu susui ASI. Niscaya, beberapa saat kemudian dia akan tertidur. Selain itu, mandi membuat tubuh bayi bersih, tidak rentan terkena gatal-gatal yang mengganggu tidurnya. Hal penting lainnya, balurkan bedak dan oleskan minyak telon agar dia nyaman dan cepat tertidur.

9. NINA BOBOK… OH, NINA BOBOK….

“Nina Bobok”, lagu lama tapi masih jitu dalam menidurkan bayi. Tentu saja, lagu-lagu lain yang lembut juga bisa menenangkan bayi. Kini, lagu itu dikemas dalam bentuk kaset/CD dan dijual di pasaran. Putarlah sebelum tidur. Bahkan, saat ini tak sedikit orangtua yang berkreasi membuat lagu ciptaan sendiri. Tak masalah, karena bayi akan terbuai oleh suara lembut orangtuanya. “Seburuk” apa pun suara yang dikeluarkan, juga “sehancur” apa pun lagu yang diciptakan. Tak heran, banyak bayi yang ketagihan, tidak mau bobok jika belum dininabobokkan dengan lagu kreasi sang ibu.

10. TIMANG-TIMANG

Menimang bayi selain meredakan tangis dan rewelnya, juga bisa membuatnya kembali tenang dan cepat tertidur. Cara ini cukup efektif dan tak ada salahnya dicoba. Cuma, jangan mengguncangnya terlalu keras karena berisiko membuatnya cedera.

11. PIJATAN RINGAN

Pijatan ringan tidak hanya membuat peredaran darah si kecil lancar, juga membuat tubuhnya relaks. Selanjutnya dengan mudah dia ditidurkan. Lakukan pijatan ringan dan lembut. Mulailah dari kakinya yang mungil. Usap secara perlahan, lanjutkan ke daerah tangan. Jangan lupa teruskan dengan mengusap bagian dada dan perut. Penggunaan minyak telon juga bisa dicoba.

Selain pijatan, orangtua juga bisa mengusap-usap pada bagian tertentu tubuh bayi, misal kakinya saja, punggung, kepala, kening, dan sebagainya. Cara itu juga tak kalah ampuh dalam menidurkan bayi.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: