Newborn and Their Senses

parent-guide.jpg
Pengetahuan tentang perkembangan indera bayi akan memudahkan orangtua berinteraksi dengan si kecil. Adanya stimulus pada indera penglihatan, pendengaran, dan perabaan membuat otak bayi bekerja lebih aktif.

Dalam satu minggu pertama, bayi baru tampaknya tak memiliki kemampuan selain makan, tidur, dan menangis. Tapi tahukah Anda? Sesungguhnya semua inderanya sudah berfungsi. Ia mampu melihat, mendengar suara, dan mencium bau dunia barunya. Anda mungkin sulit untuk mengetahui secara pasti apa yang sedang dirasakan bayi baru. Tapi jika Anda mau memperhatikan lebih seksama bagaimana si kecil merespon cahaya, suara, dan sentuhan, Anda niscya takjub dengan kemampuannya itu.

Indera Penglihatan
Penglihatan sangat penting pada masa bayi. Sebuah penelitian menunjukkan bayi baru lahir sudah memiliki daya lihat. Hanya saja, kemampuan melihat bayi baru lahir belum sempurna. Si kecil bisa melihat wajah dan benda-benda dalam jarak dekat walaupun masih kabur. Ia masih kesulitan untuk memfokuskan pandangan pada satu objek dan mengamatinya dengan teliti. Bayi pun dilahirkan untuk mengamati wajah manusia di sekitarnya, terutama orang-orang terdekatnya. Kontak mata dengan si kecil akan membangun kedekatan. Kontak mata ini akan dianggapnya sebagai ‘jaminan’ bahwa Anda akan merawatnya dengan cinta kasih. 

Karenanya, penting bagi Anda untuk selalu berada di dekat bayi ketika berinteraksi dengannya. Saat menggendongnya dekatkan wajah Anda ke wajah bayi kira-kira sejarak 25 cm. Biasanya, ia akan tersenyum pada Anda. Saat usianya 6 pekan, indera penglihatannya mulai berkembang. Tatapannya semakin fokus dan bola matanya membesar saat melihat benda yang berjarak 1-2 meter di hadapannya.

Indera penglihatan bayi baru juga lebih responsif melihat warna-warna kontras daripada warna senada. Gambar atau mainan hitam putih membuat ia tertarik lebih lama daripada yang satu warna. Bila ingin memberinya stimulasi dengan benda, pilih yang berwarna kontras itu. Sesekali, ajak pula bayi berkeliling agar ia bisa menikmati pemandangan yang berbeda. Jika sekali waktu Anda mendapati matanya terlihat juling, jangan kuatir. Kondisi ini normal saja. Otot matanya akan semakin kuat dan matang dalam beberapa minggu ke depan.

Indera Pendengaran
Selain indera penglihatan, pendengaran bayi baru lahir merupakan indera yang paling berkembang. Indera ini sebenarnya telah dimiliki sejak ia berada dalam kandungan. Ia bisa mendengar detak jantung ibu, sistem pencernaan, bahkan suara dari luar rahim. Di luar rahim, ia bisa mengenali dan mendengar suara dengan lebih jelas.

Perhatikan bagaimana ia merespon suara Anda. Suara manusia, terutama ayah dan ibu, adalah  ‘musik’ favoritnya. Tangisnya pun lebih cepat mereda begitu ia mendengar suara Anda. Ia lebih senang mendengar suara Anda yang telah dikenalnya sejak di dalam rahim. Suara orangtua merupakan stimulasi. Sebab itu, bernyanyi dan berbicaralah dengan bayi ketika sedang berada di dekatnya.

Indera Perasa dan Penciuman
Beberapa peneliti berasumsi bayi baru lahir bisa membaui. Dua indera inilah yang sangat berkaitan dengan indera manusia. Hasil penelitian memperkuat asumsi ini. Bayi baru lebih menyukai rasa manis sejak lahir. Ia akan menolak atau menangis jika diberi sesuatu yang berasa pahit atau asam. Nah kareanya Anda perlu menyediakan dunia yang penuh aroma di dalam hari-hari si kecil. Kenalkan ia dengan bau pakaian Anda, bau masakan dari dapur, atau bunga di taman.

Indera Peraba
Seperti kebanyakan manusia, bayi baru lahir juga sangat membutuhkan sentuhan. Bayi banyak mempelajari hal-hal baru di sekelilingnya melalui sentuhan. Awalnya ia mungkin hanya memandang untuk mendapat kenyamanan. Maklum ini karena ia baru saja keluar dari kehangatan rahim Anda. Beberapa waktu kemudian, ia akan berhadapan dengan rasa dingin untuk pertama kalinya – kerasnya tempat tidurnya, gatal akibat jahitan di bajunya dan sebagainya.

Sekali Anda menstimulasinya dengan sentuhan, si kecil akan mencari Anda bilamana ia memerlukan sentuhan itu. Selimut selembut sutera, pelukan yang nyaman, atau usapan lembut di kepala adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dari sekian banyak stimulasi. Semua sentuhan memberinya pengetahuan baru tentang hidup. Jadi, sediakan sebanyak mungkin ciuman lembut dan ia akan menemukan dunia yang membuatnya tenang.  I PG




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: