Kenali Tanda-Tanda Kehamilan

parent-guide.jpg

Beberapa wanita mungkin menyadari hadirnya calon buah hati di dalam tubuhnya. Tetapi banyak juga yang tidak tahu jika dirinya telah hamil. Mereka melakukan beberapa kali tes kehamilan hanya untuk memastikannya.

Setiap wanita memiliki pengalaman kehamilan yang berbeda. Begitu juga gejala kehamilan yang mungkin dialaminya. Berikut ini tanda-tanda kehamilan yang biasa ditemui:

* Payudara atau puting nyeri.
Jika seorang wanita sedang hamil, payudara dan puting biasanya menjadi nyeri. Kondisi ini berlangsung sekitar tiga minggu setelah pembuahan – menstruasi terlambat kira-kira satu minggu. Anda mungkin merasakan payudara dan puting membengkak seperti ketika hendak datang bulan.
* Timbul noda
Apabila kehamilan terjadi, Anda bisa jadi mengalami bercak-bercak darah berwarna merah muda. Timbulnya bercak biasanya ketika masa implantasi, yaitu saat hasil pembuahan (embrio) melekat pada selaput lendir kandung rahim. Kondisi ini berlangsung sekitar delapan hingga sepuluh hari setelah pembuahan. Sedikit lebih cepat dibandingkan periode menstrusi Anda. Hal inilah yang kadang-kadang membingungkan. Anda keliru menerjemahkan timbulnya bercak sebagai haid yang datang lebih cepat. Padahal, bercak ini beda dari noda akibat menstruasi. Noda kehamilan biasanya berbau, berbercak, sedikit merah muda, dan tidak mengikuti periode normal menstruasi (ringan, lalu berat dan kembali ringan). Sementara noda menstruasi merah dan jumlahnya relatif banyak.
* Kram
Kram bisa juga terjadi pada awal-awal kehamilan. Sebelum rahim menempati posisi yang lebih tepat dan disokong oleh tulang panggung dengan lebih baik di trimester kedua, timbul gejala seperti hendak datang bulan (kram). Kontraksi rahim yang datang secara teratur akan meningkat jika Anda melakukan olahraga, orgasme, bahkan perubahan posisi yang sangat kecil.
* Areola menghitam
Di awal-awal kehamilan Anda akan melihat warna areola (daerah di sekeliling puting) semakin gelap dan diamaternya melebar. Areola yang menghitam konon akan membantu bayi yang baru lahir lebih mudah mencari puting saat akan menyusu. Pembuluh nadi yang ada di payudara pun semakin terlihat. Selain itu, Montgomery’s tubercles (bulatan-bulatan kecil yang tersebar di sekitar areola) semakin besar dan jumlahnya bertambah, rata-rata antara 4 dan 28 setiap areola.
* Kelelahan yang ekstrem.
Gejala yang sangat sering muncul di delapan hingga sepuluh minggu pertama kehamilan adalah rasa lelah yang luar biasa. Saat Anda berbadan dua, tubuh sedang mengalami perubahan metabolisme yang signifikan. Nah, seluruh tubuh perlu menyesuaikan diri dengan proses baru, yaitu perkembangan janin. Bagi sebagian besar wanita hamil, rasa pegal dan lelah akan mulai hilang menjelang usia kehamilan 12 minggu.
* Mual dan Muntah
Tanda-tanda inilah yang paling sering dianggap sebagai tanda awal kehamilan. Morning sickness ini datang paling cepat seminggu setelah pembuahan. Anda mungkin akan mengetahui bahwa istilah morning sickness kurang tepat. Sebab mual bisa terjadi kapan saja, pagi, siang, atau malam hari.
* Frekuensi berkemih meningkat ,Saat periode menstruasi terlambat satu atau dua minggu, frekuensi buang air kecil akan lebih sering daripada biasanya. Hal ini disebabkan bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim menekan saluran kencing.
* Sembelit
Kesulitan buang air besar bisa terjadi di awal kehamilan. Kondisi ini dipengaruhi oleh produksi hormon yang berlebihan selama kehamilan. Akibatnya, usus lebih rileks dan bekerja kurang efisien.
* Suhu basal tubuh meningkat
Kehamilan dipastikan terjadi jika suhu basal tubuh tetap tinggi. Sekalipun periode menstruasi telah berlalu suhu basal itu tetap tidak turun. Saat terjadi pembuahan, sel telur dilepaskan di saluran telur. Setelah seminggu ‘berenang’ di dalam rahim kemudian melekat di selaput lendir kandung rahim. Pada saat inilah tubuh Anda bisa mendeteksi adanya kehamilan. Ketika hCG (hormon kehamilan) dilepaskan, suhu tubuh wanita biasanya meningkat 33 persen. Peningkatan suhu ini tidak setinggi saat pertama dan biasanya bisa dideteksi sekitar seminggu hingga 12 hari setelah peningkatan suhu yang pertama (ovulasi).
* Terlambat datang bulan
Seorang wanita yang sedang menantikan kehamilan biasanya harap-harap cemas ketika haid tak kunjung datang. Inilah tanda kehamilan yang umumnya dikenali, terutama jika siklus haid teratur. Terlambatnya haid dan gejala-gejala kehamilan lainnya cukup untuk memastikan Anda sedang berbadan dua, bahkan sebelum tes kehamilan dilakukan.
* Hasil tes kehamilan positif
Jika haid terlambat, cobalah melakukan tes kehamilan di rumah. Tes ini sangat mudah, hanya menggunakan air seni. Hasilnya pun cukup akurat walaupun dilakukan 10-14 hari setelah pembuahan. Apabila Anda tak juga puas, tes kehamilan dengan darah rasanya cukup akurat. Lakukan tes ini 8-10 hari setelah pembuahan.

Anda harus mengetahui bahwa hasil tes kehamilan tidak bisa 100 persen akurat. Jika hasilnya negatif dan Anda tetap merasa hamil, tak ada salahnya Anda melakukan tes ulangan seminggu kemudian. Atau, kunjungi dokter atau bidan untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti. PG

Mungkin Hamil, Mungkin Juga Tidak

* Rasa mual, nyeri dipinggang, atau gejala lain layaknya wanita hamil yang Anda rasakan, bisa jadi bukan gejala kehamilan. Tabel ini rasanya bisa Anda jadikan rujukan. Ya, dari pada kecewa menyangka hamil, lebih baik Anda teliti sebelum menyimpulkan.

Gejala Penyebab Lain
Payudara nyeri Pil KB, Haid
Areola menghitam Ketidakseimbangan hormon atau pengaruh kehamilan sebelumnya.
Mual Keracunan makanan, ketegangan, infeksi, dan berbagai jenis penyakit.
Sering berkemih Infeksi saluran kemih, stres, diabetes
Terlambat haid Stres, kelelahan, menyusui, perasaan takut hamil, masalah hormonal dan penyakit
(Dari berbagai sumber)




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: