Jika Bayi ASI Eksklusif Tak Kenyang-kenyang

parent-guide.jpg

Benarkah ASI mampu mengenyangkan bayi, tanpa ditambah makanan atau minuman lain?

Ada tiga kondisi yang biasanya membuat seorang bayi ASI Eksklusif dianggap ‘tidak kenyang-kenyang’. Pertama, amat sering menyusu (jarak menyusu terlalu dekat, kurang dari 1,5 jam). Kedua, menyusu terlalu lama (lebih dari 30 menit). Ketiga, kelihatan tidak puas (masih menangis atau rewel) setelah menyusu.

Jika bayi Anda menunjukkan salah satu kondisi di atas, maka Anda mungkin jadi ragu. Benarkah ASI (air susu ibu) mampu mengenyangkan bayi, tanpa ditambah makanan atau minuman lain?

* ASI Itu Mengenyangkan

Keraguan bahwa ASI mampu mengenyangkan dapat mendorong pemberian makanan/minuman lain kepada bayi di bulan-bulan awal kehidupannya. Padahal, WHO dan UNICEF merekomendasikan pemberian ASI Eksklusif untuk bayi sejak lahir sampai 6 bulan pertama. Artinya ‘ASI saja’ diakui mampu memenuhi kebutuhan nutrisi, serta memuaskan lapar dan dahaga bayi.

Bagaimana ASI mengenyangkan dan memuaskan dahaga bayi? Saat menyusui, seorang ibu akan mengeluarkan dua macam air susu. Yaitu foremilk dan hindmilk. Foremilk (susu awal) adalah ASI yang diproduksi pada awal proses menyusui, sedangkan hindmilk (susu belakang/akhir) adalah ASI yang diproduksi pada akhir proses menyusui.
Foremilk diproduksi dalam jumlah banyak, mengandung banyak protein laktosa dan protein lainnya, berkadar air tinggi, namun kadar lemaknya rendah – hanya 1-2 gram/dl, atau sama dengan 1-2 gram per 100 ml. Sementara hindmilk diproduksi dalam jumlah lebih sedikit, namun kadar lemaknya lebih tinggi, yaitu 2-3 kali dibanding foremilk. Kadar lemak yang lebih tinggi ini membuat hindmilk tampak lebih putih dibanding foremilk yang warnanya tampak lebih kebiruan.

Jumlah lemak yang tinggi dalam hindmilk akan memberikan banyak energi (kalori) pada bayi dan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Sementara itu jumlah air yang melimpah dalam foremilk mampu memenuhi kebutuhan air bayi. Ia tidak memerlukan lagi air minum, sekali pun tinggal di daerah panas.

* ‘Hingga Tetes Terakhir’

Bayi yang dibiarkan menyusu cukup lama berpeluang ‘menguras’ isi gudang air susu ibunya. Dengan kata lain, ia tidak hanya akan mendapatkan foremilk, tapi juga hindmilk. Ia akan merasa kenyang cukup lama – sekitar 1,5–2 jam (inilah waktu yang dibutuhkan alat pencernaan bayi untuk mencerna ASI) – sehingga tidak bolak balik minta disusui. Jika perutnya kenyang bayi akan tenang, bahkan tertidur.
Jadi, agar buah hati Anda kenyang dengan hanya diberi ASI, pastikan Anda tidak menghentikan kegiatan menyusui terlalu cepat. Biarkan si kecil menyusu ‘hingga tetes terakhir’, sampai semua kebutuhannya terpenuhi. PG

——————————————————————————————————

Tips Agar Bayi Kenyang Menyusu
1. Mulut bayi melekat dengan baik pada payudara.
2. Bayi menyusu 20-30 menit sampai payudara terasa ‘kosong’, baru dipindahkan ke payudara yang lain.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: