BAYI GEMUK? PERHATIKAN LIPATAN KULITNYA

nakita.gif

Keluhan ringan dapat diatasi dengan cara sederhana.


Lipatan kulit bayi sering kali terlewatkan. Padahal sebenarnya bagian ini memerlukan perawatan ekstra. Semakin montok tubuh bayi, maka semakin ekstra perawatan yang dibutuhkan. Tentu perawatan yang tidak baik/tidak tepat akan memunculkan berbagai keluhan pada si kecil, terutama pada bayi yang memiliki bakat alergi atau kulit sensitif. Berikut di antaranya:

* Adanya penumpukan kotoran yang berasal dari campuran keringat, bedak, hingga debu. Pada tahap ini bayi bisa tampak gelisah karena tidak nyaman dengan kulitnya.

* Jika keluhan pertama tidak disikapi dengan baik, selang beberapa hari kemudian kulitnya bisa teriritasi dengan ditandai memerahnya lipatan kulit bagian dalam. Si kecil pun akan rewel karena kulitnya terasa perih dan lengket.

* Biasanya tidak lama kemudian, pada kulitnya akan muncul beruntusan atau bintik-bintik merah yang bila tidak diindahkan akan bertambah banyak dan membesar serta terjadi lecet-lecet. Bayi terluka dan mengalami rasa perih dan lantaran itu ia semakin rewel.

* Risiko lain bayi bisa mengalami infeksi jamur. Tanda-tandanya adalah kulit memerah, terasa sangat gatal dan beruntusan tersebut melebar.

GUNAKAN SABUN BAYI

Keluhan-keluhan di atas tentu amat mudah untuk dicegah, asalkan orangtua konsisten melakukan hal-hal di bawah ini sesuai saran dr. Sri Mulyaningsih, SpKK, dari RS Sari Asih, Ciledug, Banten:

* Bayi setidaknya mandi dua kali sehari menggunakan air dingin, kecuali untuk bayi berusia 2 bulan ke bawah boleh menggunakan air hangat.

* Jangan melewatkan satu bagian tubuh (dan lipatan kulitnya) untuk disabuni, dan dibersihkan. Gunakan waslap dan sabun bayi yang cocok untuk si kecil. Bilas bayi dengan air bersih.

* Keringkan dengan menggunakan handuk bersih dan lembut. Pastikan semua lipatan kulitnya tidak basah, lengket, sebelum ditaburkan bedak.

* Gunakan bedak yang cocok untuk si kecil, taburkan di seluruh tubuhnyahingga ke bagian dalam lipatan kulitnya. Jika sudah dibedaki tidak perlu lagi menggunakan baby oil. Jika ingin menggunakan baby oil, tidak perlu bedak, jadi pilih salah satu saja.

* Sebelum tidur perhatikan lipatan kulitnya, jika basah, berkeringat, atau lengket segera lap dengan air, keringkan lalu oleskan bedak dan ganti bajunya.

* Saat bangun tidur, setelah selesai menyusu, lakukan kembali ritual di atas. Begitu pula setelah bayi usai bermain.

MENGATASI KELUHAN

* Menangani keluhan-keluhan ringan

Lipatan kulit bayi yang lengket, lembap, dan merah-merah, dapat diatasi dengan:

Hindari menggosok lipatan kulit bayi dengan waslap saat mandi. Cukup bersihkan bagian tersebut dengan mengusap-usapnya perlahan-lahan dengan tangan hingga bersih.

Keringkan pakai handuk dengan cara menekan-nekankan secara lembut pada kulit dan lipatannya.

Oleskan baby oil tipis-tipis hingga ke bagian dalam lipatan kulitnya.

Setiap lipatan kulit bayi tampak basah/berkeringat segera lap dengan air dingin, lalu oleskan kembali baby oil.

Jemur bayi di bawah sinar matahari selama kurang lebih 10 menit antara pukul 07.00-08.30. Sinar matahari memberikan rasa hangat dan dapat membunuh kuman-kuman tertentu yang ada di kulit bayi.

* Menangani beruntusan

Bisa dipastikan bayi yang mengalami beruntusan pasti merasakan gatal di daerah lipatan kulitnya. Jika sampai lecet, ia akan merasakan perih. Berikut cara penanganannya:

Saat memandikan bayi berhati-hatilah supaya kulitnya tidak lecet. Gunakan sabun dan usap perlahan kulit hingga ke lipatan-lipatannya (tak perlu menggunakan waslap, membersihkannya dengan tangan secara lembut sudah cukup).

Bilas dan pastikan seluruh sabun luruh tidak bersisa di tubuh bayi, khususnya di lipatan-lipatan kulitnya.

Keringkan kulit dan lipatan-lipatannya dengan handuk. Sebaiknya ganti handuk setiap hari.

Oleskan bedak yang mengandung calamine di seluruh tubuhnya, termasuk seluruh lipatan kulitnya.

Ganti baju bayi setiap ia hendak tidur, bangun tidur atau usai bermain. Namun sebelum itu, basuh dulu lipatan kulitnya. Keringkan dengan cara ditekan-tekan lantas taburkan kembali bedak yang mengandung calamine.

Jika 1-3 hari kondisi bayi tidak ada perubahan berarti, bawalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

* Menangani Infeksi jamur

Bagian lipatan yang sering terabaikan kebersihannya berisiko terkena jamur. Jangan lupa daerah yang lembap, basah, dan kotor merupakan daerah yang amat disukai jamur. Semakin montok si kecil, maka semakin banyak lipatan kulitnya. Ini berarti ia semakin berpeluang terkena infeksi jamur jika orangtua tidak memberikan perawatan kulit dengan baik.

Berikut beberapa perawatan bagi bayi yang mengalami infeksi jamur:

Kulit yang terinfeksi harus dijaga kelembapannya dan jangan dibiarkan lama basah oleh keringat.

Jangan memakaikan bayi pakaian terlalu ketat.

Sering ganti pakaian jika sudah terasa basah oleh keringat.

Oleskan obat jamur secara teratur (konsultasikan dulu pada dokter apakah aman bagi bayi atau tidak). Obat jamur cukup dioleskan 3 kali sehari setelah mandi.

Infeksi yang sudah parah umumnya butuh penanganan yang lebih intensif. Pengobatan (dengan obat jamur) memerlukan waktu yang tidak singkat, minimal 2 minggu. Untuk itu diperlukan ketelatenan dan perhatian khusus orangtua serta ikuti segala petunjuk dari dokter.

BAYI DAN LIPATAN KULIT

“Lipatan terbentuk karena kulit bayi masih sangat lentur. Ototnya juga masih lembek dan belum sepadat orang dewasa,” tutur Sri sambil menjelaskan bahwa lipatan kulit bayi berada di leher, lengan atas dan bawah, bokong, paha, bagian lutut, serta pergelangan kaki.

Prinsipnya, semakin banyak lemak di tubuh bayi, maka lipatan kulitnya pun akan semakin banyak. Ini menjawab mengapa bayi kurus hanya memiliki sedikit (bahkan hampir tidak ada)
lipatan kulitnya.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: