CARA CEPAT ATASI PENYAKIT ANAK

nova.gif

Berikut ini trik penting yang harus diketahui oleh para orangtua. Mulai dari sengatan lebah, terbakar sinar matahari, sampai kecelakaan dan
penyakit-penyakit anak.
KLIK – Detail
1. Hidung tersumbat
Caranya: Larutkan seperempat sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat dan masukkan larutan tadi ke dalam botol semprotan hidung. Teteskan dua kali pada kedua lubang hidung dan minta anak untuk menghembuskan hidungnya pada sehelai tisu.Bila anak masih terlalu kecil dan belum dapat menghembus, gunakan sedotan khusus untuk mengeluarkan ingus yang menyumbat.

Mengapa efektif: Air garam mencairkan ingus, melancarkan sumbatan dalam hidung, serta memulihkan kembali kelembaban yang alami dari selaput bagian dalam.

Kapan harus ke dokter: Bila menurut Anda anak menderita infeksi sinus atau infeksi telinga. Gejalanya termasuk demam, batuk yang terus-menerus, sakit telinga, atau ingus yang berwarna kuning atau hijau.

2. Memberi obat pada bayi & balita
Caranya: Dudukkan anak di kursi atau bila ada orang lain yang dapat membantu, minta untuk memangku anak. Sebelumnya, berikan anak sedikit minuman kegemarannya. Sesudah itu, cepat-cepat selingi dengan memberikan obat ke dalam mulutnya dan segera suapkan kembali minuman.

Mengapa efektif: Lidah yang kaku karena dingin membuat anak tidak terlalu peka dengan rasa obat yang pahit.

Kapan harus ke dokter: Bila anak sangat sakit dan sama sekali tidak dapat meminum obatnya atau bila sampai dua kali atau lebih dia memuntahkan obat yang diberikan.

3. Rasa sakit saat tumbuh gigi
Caranya: Lipat lap kecil menjadi bentuk segitiga, celupkan salah satu ujung ke dalam air es. Biarkan anak menggigit bagian yang dingin dan memegang bagian yang kering.

Mengapa efektif: Kain yang kasar membuat gusi yang iritasi menjadi lebih baik dan rasa dingin menyejukkan bagian yang sakit serta membantu mengurangi bengkak dan peradangan.

Kapan harus ke dokter: Bila menurut Anda anak betul-betul merasa sakit atau bila cara di atas tidak membantu mengurangi rasa sakitnya.

4. Gatal karena gigitan nyamuk
Caranya: Oleskan cairan deodoran pada tempat yang bengkak dan bekas gigitan. Tunggu sampai lima menit lalu oleskan lagi bila bekas gigitan masih terasa gatal.

Mengapa efektif: Deodoran yang mengandung garam aluminium menyebabkan cairan dalam gigitan terserap ke dalam tubuh. Bila bengkak berkurang, rasa gatal akan hilang.

Kapan harus ke dokter: Bila gigitan memperlihatkan tanda-tanda infeksi seperti bercak merah atau merahnya melebar atau bila anak terkena flu seperti gejala-gejala demam, sakit kepala, sakit otot, atau kelenjar yang membengkak.

5. Membersihkan luka
Caranya: Pertama-tama cuci daerah yang terkena luka dengan sabun dan air, lalu gunakan alat penyemprot yang bersih yang telah diisi dengan air hangat untuk membersihkan luka langsung pada sasaran. Keringkan lalu oleskan krim antibiotik dan bungkus dengan perban.

Mengapa efektif: Dengan membasahi daerah luka, maka setidaknya Anda telah membersihkan bagian-bagian yang kotor. Hal ini dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemungkinan infeksi.

Kapan harus ke dokter: Bila Anda tidak dapat menghilangkan benda-benda asing dari luka, bila luka tetap berdarah atau bertambah dalam, atau bila melihat ada tanda-tanda infeksi seperti kemerah-merahan atau nanah.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: