Minggu ke – 30

infobunda.jpg

Minggu ke 30 adalah saat yang indah untuk merasakan setiap tendangan dari bayi mungil anda. Mungkin anda akan merasakan perut anda seperti ada pertandingan sepak bola. Usahakan untuk tetap memperhatikan intensitas tendangan bayi apakah ada pengurangan jumlah tendangan atau tidak.

Pada dasarnya tendangan bayi sudah dapat dirasakan pada trisemester kedua tapi tendangan ini semakin lama semakin intensif tetapi anda tidak perlu khawatir apabila memang terkadang tendangan agak sedikit berkurang dan akan aktif kembali beberapa saat kemudian. Sebaiknya pilihlah waktu dimana saat bayi anda paling aktif kalau bisa lakukan setiap hari pada waktu yang sama. Selanjutnya ambillah posisi yang nyaman dan duduk dengan tenang lalu rasakan setiap tendangan. Berhati-hatilah apabila dalam waktu beberapa jam tidak ada tendangan atau kurang dari 5 tendangan, sebaiknya langsung hubungi dokter anda.

Mata indah bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan dia sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya. Apabila anda mencoba untuk menyenteri perut anda dan menggerak-gerakan senter trsebut maka mati bayi anda sudah bisa menguti ke arah mana senter tersebut bersinar. Seiring dengan semakin besarnya bayi anda maka semakin berkuranglah cairan ketuban (amniotic fluid) bayi anda. Bayi anda sudah mulai memproduksi air mata. Usahakan untuk selalu tetap berbagi dengan bayi anda baik cerita atau musik. Berat badan bayi anda 1510-1550 gram dengan tinggi 39-40 cm.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: