Minggu ke – 18

infobunda.jpg

Kehamilan juga dapat membuat anda mengalami sulit tidur. Hal ini dapt terjadi karena anda jadi sering berkemih di malam hari atau perut anda sudah mulai membesar yang membuat anda sedikit sulit dengan posisi tidur karena sudah mulai merasakan ada rasa mengganjal. Posisi tidur pada saat kehamilan cukup mengganggu, tapi hal ini hanya akan berlangsung selama beberapa minggu yang selanjutnya akan lebih terbiasa.

Mengurangi kesulitan tidur pada saat kehamilan bisa dilakukan dengan mengubah posisi tidur yang lebih nyaman. Posisi tidur yang disarankan adalah tidur dengan posisi miring ke arah kiri dan menyelipkan bantal diantara kaki. Selain posisi tidur tersebut mungkin anda juga dapat merubah ke arah lain atau menggunakan guling sebagai alternatif. Lambat laun anda akan menemukan posisi tidur yang nyaman buat anda. Sebelum tidur juga sebaiknya mengurangi asupan minuman, tetapi pengurangan ini dalam porsi yang wajar dan tidak menyebabakan anda dehidrasi, atau usahakan untuk melakukan olah raga di siang hari karena olah raga yang teratur akan membuat peredaran darah lebih lancar dan mudah tidur.

Anda sudah mulai dapat merasakan tendangan dari bayi anda, pada minggu ke 18 ini tangan dan kaki bayi sudah mulai bergerak secara fleksibel. Apabila bayi anda laki-laki maka kelaminnya sudah dapat terlihat, sedangkan apabila bayi anda perempuan rehimnya dan tube fallopinya terbentuk. Pada kulit luar bayi akan terbentuk suatu lapisan tipis yang akan melindunginya selama bayi mengambang di amniotic fluid (ketuban) atau yang disebut dengan vernix. Berat badan bayi anda sudah mencapai 190-200 gram dengan tinggi badan 14-15 cm.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: