Minggu ke – 13

infobunda.jpg

Kehamilan di minggu 13 anda mungkin akan merasakan nyeri di ulu hati, hal ini bisa terjadi terutama pada kehamilan pertama. Rasa nyeri di ulu hati ini dapat disebabkan karena adanya perubahan hormon progesteron ataupun adanya perubahan secara fisikal dari tubuh anda, yaitu dari membesarnya rahim anda yang menekan perut ke arah atas yang dapat menimbulkan peningkatan asam ke esophagus.

Rasa nyeri di ulu hati dapat anda minimalisasikan dengan mengurangi makanan yang berminyak, makan yang terlalu banyak, mengatur pola makan sehari 6 kali dengan porsi yang sedikit daripada makan 3 kali sehari dengan porsi yang besar, menghindari memakai pakaian yang terlalu ketat.

Tangan mungil bayi anda sudah mulai berfungsi dan sudah mulai bisa menaruh jempol-nya di mulutnya tetapi belum dapat menghisapnya karena otot jaringan untuk menghisap belum berfungsi. Anda tidak perlu takut bayi anda akan kelaparan dan tidak ada warung karena di minggu ke 13 ini bayi anda sudah dapat menyerap makanan dan mendapatkan oxygen melalui placenta. Placenta Bayi anda sudah bisa menundukan kepala karena lehernya sudah semakin panjang. Perkembangan bayi anda di minggu ke 13 sudah seberat 23-24 gram dengan tinggi 7,4-7,5 cm.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: